Things that matter the most


malam ini saya membaca notes beberapa teman saya di fb,

ada satu yg menarik perhatian saya, notenya bukan tulisan dia, copy paste dari tempat lain. but the note is really good

judulnya "The Mayonnaise Jar and Two Cups of Coffee"

it's written in english, if made into bahasa it would probably goes like this...


Sebuah Toples Mayonaise dan 2 Cangkir Kopi

disaat banyak hal didalam hidupmu yang sepertinya sulit untuk kau tangani, saat 24jam terasa kurang, ingatlah akan sebuah cerita... tentang Sebuah Toples Mayonaise dan 2 Cangkir Kopi

seorang dosen matakuliah filsafat berada didepan kelas sambil meletakkan beberapa barang didepannya. saat perkuliahan dimulai tanpa banyak berkata dia mengambil sebuah toples mayonaise dan mengisinya dengan bola golf. kemudian dia bertanya pada mahasiswanya apakah toples tersebut telah penuh. mereka semua mengatakan ya.

kemudian dosen tsb mengambil sekotak kelereng dan mengisinya kedalam toples. dia menggoncangkan toplesnya pelan2. kelereng2 tsb lalu mengisi tempat2 kosong diantara bola golf. kemudian dia bertanya lagi kepada mahasiswanya apakah toples tsb telah penuh mereka semua mengatakan ya.

berikutnya dosen tsb mengambil sekotak pasir dan mengisinya kedalam toples. tentu saja pasir tsb mengisi bagian2 kosong yg masih ada. sekali lagi dia bertanya apakah toplesnya telah penuh. dengan serempak mereka semua menjawab ya.

sang dosen kemudian membuat 2 cangkir kopi dan menuangkan seluruhnya kedalam toples, membuat toplesnya terisi dengan penuh. para mahasiswanya kemudian tertawa.

"sekarang" kata sang dosen begitu suara tawa mulai terhenti, "saya ingin anda semua untuk melihat toples ini sebagai hidup anda, bola golf adalah hal2 yang bener2 penting seperti keluarga, anak2, kesehatan, sahabat dan hobby anda- disaat semua hal hilang dan hanya hal2 ini yang tertinggal, maka hidup anda akan tetap lengkap.

kelereng adalah hal2 penting lainnya seperti pekerjaan, rumah atau mobil anda.

pasir adalah hal2 lainnya- hal2 yang kecil "jika anda mengisi dengan pasir terlebih dahulu" sang dosen berkata, "maka tidak akan ada tempat untuk kelereng atau bola golf. hal yang sama juga didalam hidup anda. jika anda menghabiskan seluruh waktu dan energi anda untuk hal2 kecil maka anda tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk hal2 yang benar2 penting bagi anda"

"perhatikanlah hal2 yg kritikal untuk kebahagiaan anda. bermain dengan anak2. luangkan waktu untuk cek kesehatan anda, ajak pasangan anda makan malam. bermainlah. selalu akan ada waktu untuk membersihkan rumah dan memperbaiki saluran air. urus dahulu bola golfnya-- hal2 yang benar2 penting. tentukan prioritas anda. dan selebihnya adalah pasir."

salah satu mahasiswanya mengangkat tangan dan menanyakan apakah makna kopi. sang dosen tersenyum "saya senang kamu menanyakan hal itu"

kopi itu untuk menunjukan bahwa bagaimanapun padatnya hidup anda, selalu ada waktu untuk menikmati beberapa cangkir kopi dengan sahabat




*tentukanlah hal2 yang terpenting dalam hidup anda, perhatikanlah hal2 itu dan pastikan anda mempunyai cukup waktu untuknya

saya teringat sebuah quote dari film Click


Family comes first

1 Response to Things that matter the most

  1. keke says:

    Skala prioritas... mungkin ini 2 kata yang tepat buat gw nyimpulin cerita diatas ya....
    dan ttg kopi itu,hmm pastinya harus slalu ada dong ;)

Post a Comment